Satu kata buat ekowisata yang berlokasi di Dusun Kerujuk Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara ini: keren! Inilah contoh betapa sebuah tempat yang sebetulnya biasa saja bisa menjadi luar biasa karena warganya kreatif. Lokasinya yang di bawah Perbukitan Pusuk, 15 menit berkendara dari Pelabuhan Bangsal, menjadikannya cukup asri, ijo royo-royo. Tapi cakep banget juga nggak. Apalagi mungkin, karena ketika MyTrip berkunjung, sungainya kering kerontang. Padahal saat airnya melimpah, terlihat biru jernih, cantik! Tapi memang bukan sekadar alam yang dijual Kerujuk. Ada yang lain!

Awalnya tahun 2015 Kerujuk hanyalah agrowisata PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat), kemudian baru tahun 2016 ditingkatkan menjadi ekowisata. Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara pun memberi dukungan penuh bagi Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kerujuk Lestari sebagai pengelola. Dan memang kelompok anak muda di sini cerdas mengemas dan mengkreasikan dusunnya hingga menjadi menarik. Dengan visi menjadikan Kerujuk sebagai kawasan wisata pendidikan budaya dan lingkungan hidup maka diciptakanlah beragam fasilitas untuk mengakomodasi paket-paket yang ditawarkan kepada wisatawan.

Satu hal lagi yang dijamin bikin pecinta wild life berbinar-binar: di sungai yang membelah Dusun Kerujuk menjelang musim hujan bakal ada migrasi besar-besaran kawanan kerode alias anak kepiting/kerujuk. Migrasi berlangsung 1 minggu hingga 1 bulan. Kawanan kerode yang jumlahnya konon jutaan ini naik dari sungai dan berjalan beriringan ke arah hulu.

Tunggu apalagi, Yuk, Kunjungi Lokasi Ekowisata Terkenal di Lombok ini.